Rabu, 18 Juli 2012

KA Argo Sindoro

KA ARGO SINDORO

Sehubungan dengan adanya tugas kantor ke kota Yogyakarta (7-9 Juli 2012), dan saya harus pergi lewat jalur darat karena sudah ga kebagian tiket pesawat, maka pilihan saya pun jatuh pada DAMRI BL ke Stasiun Gambir, lanjut kereta-api..
Stasiun Tanjung Karang, menjadi pool DAMRI BL TITAM
tiket DAMRI BL-JKT exe
sebenrnya sih ada kereta yang langsung ke jogja, nah tapi saya lebih milih ke Semarang dulu, biasaaa... sekalian pulang kampung..
yap, memang tugas kali ini, saya gunakan sekalian untuk pulang kampung, memang banyak yang harus diurus soalnyah di Semarang.. i tell you, then..
Kamis tanggal 5 Juli, pagi, setelah beli tiket DAMRI Exe jam berangkat 21.30 malam, di Stasiun TK, dan kembali menyelesekan kelengkapan data dan berkas yang ahrus di bawa ke jogjaa.. maka malam harinya saya diantar myhtb ke Stasiun TK dimana DAMRI start.. iseng nanya sama kondektur DAMRI, kira2 besok masuk Gambir jamber? jadi saya bisa estimasi mau naek KA yang mana gitu.. eh ternyata dapat jawaban yng menge-syokkk-an tingkat dewa.. hahha.. ternyata macet di Bakauheni yang saya dengar di berita itu memang bukan isapan jempol, ya habis pak kondek bilang, DAMRI jam 10 malem dari BL yang biasanya sudah masuk Gambir jam 6 pagi, 2 hari belakangan baru masuk Gambir jam 11 siang.. wtffff!! langsung panik kan saya yahh, takut ga dapet KA, seketika langsung search tiket KA yang sekitaran siang berangkatnya, legaaaa.. ternyata ada 3 pilihan malah... lumayan lah.. aga amannn..
macet mau masuk pelabuhan Bakauheni
detik-detik DAMRI masuk kapal
N yep, memang benar adanya kemacetan itu... bayangkan jam 10 malem DAMRI berangkat, dan baru masuk kapal buat nyebrang pada pukul 7 pagi keesokan harinyaahh... huaahhh.. cape n panass pulak pantat saya saat ituuu.. demi Semarang, city i Love The Most..
ganjel perut termahal
pop mi + kopi = 25K
#dikapal

Finally, baru masuk Gambir jam 1 siang.. hosshh... oh no, there's  a train i need to catch.. bwehhh... tanpa mempedulikan rasa laper yang mendera setelah lebih dari 12 jam tanpa karbo, saya langsung ngacir buat ngantri tiket, daaaaaaannn uwooooooooo... mengapa antriannn tiket bisa sepanjangg ituhhh.... tanya kanan-kiri, ternyta antrian ke Semarang lumayan lebih pendek sedikit.. dalam peng-antrian itu perasaan campur aduk antara dapet tiket apa kaga, sampe semarang jam berapa, besok sudah harus ke jogja, dannnnnn... jedukjeduk... oiya, laperrr pulakkk.. huhuhu.. Yaoloh, plissss.. dapet donkkk.. seperti yang saya bilang tadi, antara Argo Sindoro, Sembrani, atau Argo Anggrek.. setiap kali petugas mengumumkan posisi bursa tiket, selalu deg2an, but Alloh mah masih sayang sama saya, setelah ngikut ngularrr ngantriii akhirnya saya dapet tiket KA Argo Sindoro yang tinggal 3 kursi... ALHAMDULILLAHHHHHHHHHHHHH... saat itu waktu menunjukkan pukul 15.15 dan kereta berangkat pukul 16.45.. still have time to take some food..
Tiket KA Argo Sindoro saya
#ajaib
langsung makan, solat, dan leyeh2 nyante di musholla stasiun, sampe jam 16.30, lanjut naik ke jalur 4, di mana kereta akan datang menjemput sayahh...
dan tumbennn ga ngaret loh kereta nya, 16.45 beneran dah nongol tuh kereta, tanpa nunggu lama, saya langsung lari2 cari gerbong saya, dan  seat saya tentunyahh.. wihiii... nyamann eui keretanya, lebih nyaman dari Argo Muria dan Lodaya, even Argo Bromo Anggrek.. tapi masih kalah jauhh dari Bima... but ceng-li lah.. nyaman banget kok... beehhh secara udah lamaaaa ga nae kereta ya, pengennya si nae kereta tuh sama my htb... tapi yasudahlah... nanti2 lagi..
seperti halnya KA Exe lain, AC KA Argo Sindoro ini duinginnnn puolll

ada colokan listrik buat nge-charge, lumayan
sandaran kaki

dapet bantal yang nyaman bangettt, plis wangiii
selimut nya tebelll juga wangiiiiii
kursi nampak belakang, dan LCD di setiap gerbong
So, KA Argo Sindoro ini melayani rute Jakarta Gambir - Semarang Tawang, setiap harinya.. sebagai KA Exe, tentu KA Argo Sindoro punya Batas Minimun- Batas Maksimum biaya, fluktuatif tergantung musim.. hahha.. nah karena ternyata saat saya berangkat itu adalh musim pulang liburan sekolah, maka harga yang saya dapat termasuk harga maksimum, dan hal itu pulalah yang membut saya sukses mengantri dagdigdug takut ga dpt tiket.. wkwk
kursi yang saya dudukin, ehmmmm asekk

ada colokan listrik kannn??
sandarn tangan yang nyaman

jarak antar bangku yang memberikan ruang leluasa buat kaki selonjor
interior kursi di gerbong saya
interior di gerbong sebelah
Dan ini sejarah KA Argo Sindoro:
Diikuti oleh peluncuran KA Argo Muria II pada tanggal 20 Mei 2001 yang menawarkan alternatif perjalanan yang berkebalikan dengan Argo Mulia I yang belakangan ini berganti nama menjadi KA Argo Sindoro.
Argo selain berarti gunung juga merupakan nama dagang layanan kereta api eksekutif. Kata Muria berasal dari nama gunung (Gunung Muria) yang memiliki ketinggian 1.602m di atas permukaan laut (dpl) dan berada di sebelah Utara Kota Kudus (69km dari arah Kota Semarang).
Kawasan gunung ini terkenal dengan berbagai satwa langka seperti : burung plontang, elang muria, rusa dan kera. Demikian juga dengan Sindoro adalah nama gunung dengan ketinggian 3.150m dpl, yang terletak di batas Kabupaten Temanggung sebelah barat dan Wonosobo sebelah timur.
Gunung berupa Sirato ini juga dikenal dengan sebutan Sindoro atau Sendoro, mempunyai beberapa kawah diantaranya Kawah Puncak; Segoro Wedi, Segoro Banjaran, Kawah Utara, Kawah Selatan.
Perjalanan sejauh 445km ditempuh dalam waktu lima jam tiga puluh menit dan hanya berhenti di Stasiun Tegal dan Pekalongan. Layanan kereta api yang memiliki kapasitas 350 tempat duduk ini terdiri dari tujuh rangkaian kereta kelas eksekutif.
Untuk perjalanan yang dilakukan pada siang hari, penumpang dapat menikmati indahnya panorama di pesisir pantai utara khususnya diantara Pekalongan – Semarang.....
Lalu, inilah Jadwal Perjalanan KA Argo Sindoro, Jakarta-Semarang, dan sebaliknya:
  • Gambir - Semarang Tawang ---> 16.45 - 23.10
  • Semarang Tawang - Gambir ---> ga ada, hehheh.. menjadi Argo Muria 16.00 - 22.06
Kemudian inilah pricelist terbaru KA Argo Sindoro Juli 2012 :
  • Min   ---> 250K
  • Maks ---> 270K
Laper di kereta ini? jangan kuatir, ada restorasi nya kok, dan ini sebagian daftar harganya...

semoga jelas tulisannya, yaaa..
Sekitar jam 23.57, akhirnya kereta ini sampai si stasiun Semarang Tawang.. Alhamdulillah, dan as always, Bapak-Ibuk sudah menjemput saya di pintu kedatangan...
berhubung bapak-ibuk naik motor, sedangkan kami bertiga dan bawaan saya luarbiasa banyakk, jadilah saya dan ibuk naik taksi, dan Bapak ngebuntutin dari belakang naik motor... merasakan jalanan malam hari kota Semarang, waaaahhh... surgaaa...
wish you with me, my htb..
semoga bermanfaat...
xoxo
 Enong WJ
Actually, I can write anywhere - airport lounges, in bed, on a rattling train going north...