Rabu, 28 Desember 2011

Pulang Semarang (Lagi), Akhirnya

uwahh.. akhirnya saya pulang semarang natal ini..
bukan, bukan karena saya merayakan natal ya, yap semua boleh dibilang tak terduga tapi terencana.. hewww..
sebenernya sih, karena tanggal 24 Desember ada acara Reuni Trah Daroes Martodihardjo, keluarga besar saya, ini jauh2 hari memang sudah terjadwal, sayapun sudah membuat rencana perjalanan ini sejak awal bulan..
tapi, uhmm, saya sempat ragu buat pulang, ya habis saya harus melakukan solo traveling, tanpa ditemenin my htb yang memang ga ada libur kerja sebelum natal..
rasa sepi dan nelongso terbayang sudah di benak saya, karena bakal melewati perjalanan panjang sendiri.. sempat hunting tiket pesawat, dapet sih, tapi kayaknya kurang memungkinkan untuk pergi jauh sebelum tanggal 23 Desember.. Maklum, akhir tahun adalah akhir dari seluruh anggaran kegiatan, jadi harus berkutat dengan laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan, dan breakdown anggaran tahun depan..
so we meet the deadline at all.. kantor berasa neraka, kos2an berasa tempat numpang tidur saja.. Hewhew..
hingga pada Selasa 20 Desember, tiba2 Bapak nelpon saya, dan mengabarkan bahwa simbah putri saya gerah (sakit, jawa) dan masuk RS, siangnya keadaan simbah memburuk, dan as i wrote on my last post before, simbah RIP on Wednesday, Dec 21.. oh my... i didnt ready yet.. shocked me...

mau tak mau saya harus pulang ke semarang..
menggunakan moda transportasi apapun saya tetap nggak bisa melihat dan mengantar simbah untuk terakhir kalinya, itu yang membuat saya tambah sedih.. tapi saya harus pulang.. harus.. at least untuk mencium nisan simbah..
dan jujur, saya pulang akhirnya bukan umtuk tujuan acara reuni keluraga, saya pulang untuk simbah, saya pulang untuk menguatkan Bapak saya yang sekarang harus menjadi anak yatim piatu.. saya tau dengan pasti seberapa besar sayang Bapak saya untuk simbah, dengan begini, Bapak saya pasti butuh saya..
well, saya blabbering urut hari saja yah.. hehhe

• Rabu, 21 Desember 2011
    04.45 - 08.00
    Bapak nelpon saya jam 5 pagi, membangunkan saya untuk solat subuh seperti biasa, eh tapi terasa ada yang ga biasa, saat Bapak meminta saya untuk mendoakan simbah saat saya solat, dan pada ujung kalimat, bapak samar bilang "Innalillahi".. whatttt ??? saya bingung dan panik, tiba2 telpon sudah di take over oleh ibuk, dan di sana ibuk sudah nangis... she said, simbah sudah kepundut (meninggal, jawa).. Oh my... saya langsung bingung, lemes, dan entah lah, hanya bisa nangis..
    dalam kebimbangan saya, saya langsung OL, mencari tiket pesawat untuk pulang secepatnya, ternyata mencari sesuatu dalam kepanikan itu sama sekali tidak membantu.. lalu setelah saya agak tenang, saya telpon dek astri, sepupu saya yang stay di Jakarta, selain mengabarkan keadaan simbah, saya mencoba menyusun rencana untuk bisa pulang bersama ke semarang..
    dan ternyta, dek astri yang dalam keadaan bangun tidur, belum dapat kabar tentang keadaan simbah..
    she was shocked...
    setelah ngobrol dengan dek astri, kami sepakat untuk pulang ke semarang bersama, hari itu juga..
    on the other hand, saya juga terus nelpon Bapak-Ibuk untuk update kabar terbaru simbah, lalu juga saya tetep harus ke kantor dulu untuk ijin ga masuk kerja (saya belum punya hak cuti).

08.00 - 10.00
    saya berangkat ke kantor, setelah ijin 4 bos, dan mendelegasikan tugas yang belum selesai pada Bang Deini, teman se-ruangan saya, lalu saya putuskan untuk pulang kos, dan packing..
    kesepkatan dengan dek astri, akhirnya sore saya harus sampe Jakarta, lalu kami bersama menuju Semarang, entah pakai kereta atau bus dari Jakarta.
    perjalanan ke Jakarta sendiri, saya putuskan menggunakan perjalanan ngeteng (putus-putus) agar lebih cepat..
    jam 10 saya pesen travel Bandar Lampung = Bakauheni..
    sembari packing, sembari update posisi jenazah simbah, yang ternyata dimakamkan hari itu juga di Pati..
    no wonder, sebab di sana ada makam mbah kung juga..
    jam 11 baru travel datang..

11.00 - 12.30
    perjalanan BL-BH by travel..
    kok cepet ya.. yaiyalah, orang supir travel nya nyupir kayak orang kerasukan setan.. ugal-ugalan, ngeles lebih parah dari bajaj, berasa naik boom-boom car lah pokoknya..
    i dont really care about it, point positif nya, saya cepat sampai.. lanjut nyebrang, semoga ada kapal cepat, harap saya..

12.30 - 15.00
    Bakauheni - Merak
    crappp.. ternyata sudah sebulan kapal cepat tidak beroperasi.. bewhhh.. bakal lamaa nih..
    == tiket Kapal RoRo ==
    untung dapet yang ruang ac kapal nya..
    == tiket tambahan pindah ke ruang AC, di Kapal ==
    melewatkan perjalanan menyeberangi selat sunda dengan membaca buku adalah pilihan tepat..
    == buku yang menemani perjalanan saya kali ini ==
    gelombang lumayan gede, kerasa banget goyangan kapal..
    anehnya, saya ga bisa tidur.. entahlah..
    jam 15-an kapal nyandar di pelabuhan merak, dan perjalanan saya lanjutkan dengan bus Merak-Pulo Gadung..
    sesuai kesepakatan dengan dek astri, qt bakal ketemuan di terminal PG, untuk lanjut bus ke Semarang..

15.00 - 20.15
    Merak - Jakarta (PRJ)
    == bus Merak-PG yang saya naiki ==
    wuihhh lama yaaa..
    yak itu yang saya rasakan..
    perjalanan Merak-Jakarta menggunakan bus umum, selalu terasa 3 kali lebih lama daripada menggunakan bus khusus seperti DBL dan Bus AKAP langsung..
    dalam perjalanan, dek astri mengabarkan bahwa kami ga mungkin naik bus, karena bus termalam ke semarang berangkat jam 7 malam.. WTH..
    kami memutuskan by KA aja.. dek astri langsung menuju Stasiun Gambir untuk berburu tiket ke Semarang..
    pesan saya ke dek astri, cari kereta termalam, setelah ngantri 2 kali di loket, dek astri mengabarkan bahwa kami dapat kereta yang jam 9 malam, Argo Bromo Anggrek..
    oke..oke.. nyampe lah ya, begitu pikir saya saat itu.. nengok jam, hemmm masih jam 7 ini, dan sudah masuk Jakarta sepertinya..
    uohhh.. ternyata saya salahhhhhh...
    masuk Jakarta = macet melanda..
    di luar perkiraan saya kan.. setelah bertanya pada seorang Bapak yang duduk di samping saya, saya disarankan untuk turun di Cempaka Putih, lalu naik ojek.. lebih cepat.. well, good idea..
    nengok jam, jam 20.00.. sudah mulai panik, kok ga nyampe2 ya Cempaka Putih nya..
    si Bapak nanya lagi, saya mau nagpain ke Gambir (hewwww...), pas saya bilang saya mau ngejar kereta jam 9, si Bapak langsung nyuruh saya turun di pintu tol PRJ saja, kalo turun Cempaka Putih masih sejam lagi.. WTF !!!!!
    well, saya merangsek ke depan dan bilang pak sopir, saya  mau turun di PRJ..
    di luar perkiraan, oleh pak sopir, saya diturunkan benar-benar di tengah tol, dengan berpesan agar saya jalan turun hingga pintu tol, lalu tanya di mana ojek pada petugas tol, plus pesan jangan bilang2 kalo saya diturunkan oleh bus AR**BI yang saya naiki, sebab bisa kena denda 250ribu si bus nya gara2 nurunin penumpang di tengah tol.. ishhh..

20.15 - 20.55
    yakk, dan saya bener2 diturunkan di tengah tol..
    sumpah demi apapun ya, saya bingung.. harus bagaimana..
    celingak-celinguk udah kayak orang bego..
    tol, malam, cewek, sendirian = HORORRRR
    setelah menenangkan jiwa dan akal, lalu saya menyebrang untuk menelusuri jalanan tol yang turun, sesuai petunjuk sopir sableng tadi..
    dan arah saya jalan kaki itu ternyata berlawnan arah dengan mobil2 yang melintas jalan tol itu sendiri..
    Alloh, lindungi sayaa, doa saya saat itu..
    Alhamdulillah berhasil menyeberang..
    menyusuri turunan jalan tol dengan lalu lalang bus, truk, mobil yang berlawanan arah dengan saya, membuat saya pecah konsentrasi, dan dengan sukses mengantarkan saya pada bencana terpeleset..
    di tepi jalan tol rupanya ada bolongan drainase selebar dua kaki, yang jarak satu sama lainnya hanya 3 meter-an..
    yak dengan sukses saya terpeleset dan jatuh terjermbab.. hikkksss, ibukkkkk (teriak saya saat itu)
    Thanks GOD, gada mobil lewat..
    dengan kaki terpincang menahan sakit, sakitnya masih terasa sampai sekarang, saya melanjutkan perjalanan mencari ojek..
    gada petugas tol untuk bertanya, aman deh si armada AR**BI yang saya naiki..
    setelah berjalan kira-kira 5 km, beneran 5 km, baru saya nemu ojek yang ternyata tinggal sebiji..
    nanya harga ke Gambir, abang ojek minta 30rb, saya bilang yang penting sebelum jam 9 sudah nyampe Gambir, dya sanggup, ya ayokk saja..
    ==jari  kelingking kanan juga ternyata robek ==
    keasikan jalan kaki menyusuri jalan tol tadi, membuat saya tidak peduli pada jempol kaki kiri saya yang semakin perih, dan ternyata berdarah-darah.. uohhhh.. pantes kok agak-agak perih yaaa..
    == jempol kaki kiri saya ==
    damn... lalu saya beli plester luka di warung dekat tukang ojek tersebut (untung ada).. langsung cabut ke Gambir..
    ngelirik HP, uwooo ada 16 miskol, 10 sms, dari ?? entah.. saya gamau buka, paling juga dek astri, bapak-ibuk saya, dan my htb..
    saat itu, dalam pikiran saya, "sorry, it isn't the time to call them back or just reply their Messages.. because it is time to be ROSSI... yak ngebuttttttttt bersama bang ojek"
    beneran ngebuttttttttt... wah kalo my htb yang begitu, udah pasti tiada ampun dari saya..
    saat itu saya pasrah saja sama abang ojek, termasuk saat tiba-tiba turun hujan, dan si abang bilang dya gada mantel, kata saya "terjanggggg aja bangggggggggggg"..
    20.55, tiba dengan (tidak begitu)selamat di Gambir..
    nelpon dek astri, dan janjian ketemu di Jalur 1..
    there was dek astri, dengan bawaan nya yang kayak orang mau perang.. 2 ransel sihh, tapi guedeeeeeeeeeeeeeee abiss.. dan ternyata kereta baru datang dan langsung berangkat jam 21.30..
    hmmhhh... gpp, at least saya ga telatt, sudah seneng bukan mainn..

21.30 - 05.00 (Kamis, 22 Desember 2011)
    begitu masuk kereta, dan kereta jalan, kita sempat ngobrol2 bentar, sampai selimut dibagi, akhirnya kami molorrrrr, tidurrrr...
    == hasil huntingan dek astri ==
  • Kamis, 22 Desember 2011
    jam 5 pagi kami sampai juga di stasiun tawang, semarang..
    setelah sarapan yang terlalu dini di emperan stasiun tawang, menunya adalah nasi ayam khas semarang, dan saya nambah 2 porsi, wahhahha.. teringat tiba2, terakhir makan nasi hari selasa, jadi alibi yang kuat kan..
    perut kenyang lanjut perjalanan..
    naik taksi, kami menyusuri kota  lama semarang, arteri, citarum, tlogosari, pedurungan, dan sampailah di rumah dek astri, di Bukit Kencana Jaya. kembali tangis saya gbs berhenti saat melihat kamar simbah masih seperti semula, huaaaahuaaaa.. simbah, aku pengen cepet ketemu simbah... batin saya..
    sedih bercampur lelah membuat saya memilih tidur, setidaknya sampai Bapak menjemput saya, posisi Bapak saat itu di Juwana bersama ibuk..
    sekitar jam 2 siang, baru Bapak jemput saya..
    Sedih, marah, haru, tegar, terlihat dari sorot mata Bapak yang tajam..
    Bapak seperti enggan beramah-tamah.. dan langsung mengajak saya pulang..
    Bapak terlihat aneh, dan keanehan itu baru saya temukan jawabnya pada hari Minggu nanti, sesaat sebelum saya pulang.. akan saya ceritakan nanti..
    Tiba di rumah sudah menunggu Ibuk saya, kami kembali larut dalam suasana pergi nya simbah...
    Bapak tanya, kapan saya mau nengok kubur simbah, dengan mantap saya jawab "Besok pagi-pagi saya berangkat"..
    saya sms dek astri, sebab sebelumnya kami sepakat untuk pergi ke Pati bareng-bareng, tapi ternyata dek astri memilih pergi hari Senin, sekalian 7 hari simbah..
    saya, untuk alasan apapun, saya tetap pergi ke Pati, besok harinya.. bahkan kalo saya ga dihalangin Bapaak-Ibu dengan alasan nanti saya kecapekan, saat itu juga saya maunya segera ke Pati..
    Bukan apa-apa, tujuan saya pulan ke Semarang, murni hanya karena simbah sedo (meninggal), saya cepat-cepat pulang karena saya pengen cepat-cepat bisa ketemu simbah, meski hanya nisan, gpp, itu sudah membuat saya luar biasa legaa...
    menunda, untuk alasan apapun, jelas membuat saya dengan tegas menolak..
    maka, malam itu saya lewatkan bersama Bapak-Ibuk di rumah saj.. berbagi cerita..
    saya tahu, saat seperti ini mereka butuh saya, sebagai pendengar..
    dan saya sangat bersedia untuk itu.. sangat... kami larut dalam sedih malam itu, dan Bapak saya, belum pernah terlihat sesedih itu sebelumnya..
oia,meet dek astri, my lilsist
== dek astri, my journeymate, kali ini ==
well, temans...
sepertinya saya harus lanjutkan cerita ini on the next post..