Rabu, 25 Januari 2012

KA Lodaya

singgasana KA Lodaya di Stasiun Solo Balapan

hellow, long time no see, eh ?
Kamis tanggal 19 Januari lalu saya dan my htb pulang kampung ke Ngluwak (somewhere out of the map, hehhe), my htb's homeland untuk sebuah acara masa depan kami.. hehhe.. dan well, sesuai judul di atas, saya di sini pengen bercerita tentang kereta api Lodaya jurusan Bandung-Solo dan sebaliknya..

dari segala aspek perencanaan perjalanan, pilihan kami memang jatuh pada kereta ini, pun pada perjalanan pulang kami ke bandar lampung kami ambil rute perjalanan yang sama, dengan jalur sbb:
  • Bandar Lampung - Bakauheni (Travel)
  • Bakauheni - Merak (RoRo)
  • Merak - Bandung (Bus)
  • Bandung - Solo (KA.Lodaya)
  • Solo - Ngluwak (Mobil)
start dari BL jam 8 malem, tiba di bakau jam 11, nyebrang ke merak, sampai merak jam 2, lanjut bus bandung, bus yang kami naiki bus Bima Suci, sampai Bandung sekitar jam 7.30 dan kami turun di Pasir Koja, lalu naik taksi ke stasiun, tiba di stasiun Bandung jam 7.45, beli tiket, dan 10 menit kemudian kereta berangkat..

wowww... sempat deg2 an juga sih kami kalo2 ga kekejar kereta tersebut, maka kami harus naik kereta Harina (Bandung-Semarang) atau Lodaya Malam, ya keduanya memang kereta malam.. but tx GOD, all went well..
sedangkan untuk perjalanan pulang kami putuskan bertemu di Stasiun Solo Balapan, mengingat saya kan pulang ke Semarang untuk bertemu orangtua saya sehari setelah kami tiba di Ngluwak..
maka jadilah Stasiun Solo Balapan sebagai meeting point kami pagi jam 8 pada hari Senin 23 Januari..
jam 4.30 saya diantar Bapak ke Sukun Banyumanik untuk naik bus ke Solo, jam 7.30 saya sudah tiba di Terminal Tirtonadi Solo, lalu mBecak ka Stasiun Solo Balapan dengan IDR 5K saja, sambil menikmati solo di pagi hari, sampai di Stasiun Solo Balapan dan bertemu my htb yang sudah sampai duluan dengan diantar dek dwi, pun belio ternyata sudah dapat tiket Lodaya saja, 8.30 Lodaya berangkat, tiba di Bandung jam 17.00 (tepat waktu, euy)
dari stasiun Bandung kami lanjut ke terminal Leuwi Panjang untuk meneruskan perjalanan ke Merak by bus..
dan setelah tanya2, maka kami keluar stasiun dan jalan menyusuri jalan OTISTA hingga lampu merah, kami naik bus damri jurusan Leuwi Panjang sekitar pukul 18.00, lanjut naik bus (dapetnya PO. Kramat Djati) hingga tiba di pelabuhan Merak pukul 23.15, lanjut naik kapal dan nyebrang ke Bakauheni, tiba di Bakauheni sekitar jam 2.15..
hmmm.. cukup cepat ya penyeberangan kali ini, padahal kondisi Selat Sunda sedang amat sangat buruk dengan tinggi gelombang sekitar 4-5 meter, ga heran dalam kapal buanyakkk yang 'jackpot' dengan sukses..
kami ? tidur saking capeknya kali ya..
lanjut dengan travel menuju kos, yang mana travel baru berangkat jam 3.20, wewwwww sejam ngetem tuh travel.. hingga kami tiba di kos sekitar pukul 04.30..
Alhamdulillah at all..

KA Lodaya

tiket KA Lodaya Bandung- Solo
tiket KA Lodaya Solo-Bandung
dan, kembali ke KA Lodaya ya teman-teman..
nah, as i read on KAI's website, berikut adalah sekilas tentang kereta Lodaya
Sempat dikenal dengan nama KA Pajajaran/Senja Mataram. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 11 Maret 1992 melayani pemerjalan koridor Yogyakarta-Bandung dan sejak tanggal 1 September 1992 diperluas layanannya untuk melayani perjalanan Solo-Bandung.
Untuk meningkatkan pelayanan dan lebih mendekatkan kepada pelanggan, pada tanggal 2 Mei 2000 dilakukan peremajaan rangkaian KA Pajajaran/Senja Mataram dan diganti nama menjadi KA Lodaya.
Nama Lodaya diambil dari cerita rakyat tatar Sunda yakin Macan Lodaya yang merupakan penjelmaan dari Prabu Siliwangi ketika berhadapan dengan Prabu Kian Santang.
Kereta api ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari dari arah Solo menuju Bandung dan pada siang hari dari arah sebaliknya sehingga tepat pada saat adzan shubuh berkumandang di sejumlah masjid pada saat itulah KA Lodaya memasuki kota Bandung.
Dalam perjalanan Solo-Bandung pada siang hari pemerjalan dapat menikmati indahnya Bumi Parahyangan bagian timur. Perjalanan sejauh 447 km ini ditempuh dalam waktu 8 jam 30 menit dan hanya berhenti di Stasiun Tasikmalaya, Banjar, Kutoarjo, Yogyakarta dan Klaten.
yap, dan memang lama perjalanan kami sekitar 8 1/2 jam an lah Bandung - Solo pun sebaliknya..
sedikit koreksi, bahwa KA Lodaya ada 2 kali pemberangkatan dari dan ke Bandung dan Solo, adapun jadwal lengkap kira2 sebagai berikut teman2 :
  • Lodaya Pagi
    Stasiun Bandung (08.00) - Stasiun Solo Balapan (16.34)
    Stasiun Solo Balapan (08.30)- Stasiun Bandung (17.03)
  • Lodaya Malam
    Stasiun Bandung (20.00)- Stasiun Solo Balapan (04.41)
    Stasiun Solo Balapan (20.30 - Stasiun Bandung (05.21)
nah kalo harga tiket nya, kemarin kami dapet harga IDR. 195K
kayaknya sih memang karena kami mengambil perjalanan pada hari libur ya, jadinya dapetnya segitu..
kalo hari biasa Lodaya bertarif IDR. 170K untuk eksekutif dan IDR. 110K untuk bisnis
oiaya, saya belum cerita ya, kalo KA Lodaya itu merupakan kereta gabungan.. jadi dalam 1 rangkaian terdapat 2 kelas gerbong, eksekutif dan bisnis..
dan karena kami mendapatkan perjalanan Lodaya Pagi baik dari dan ke Bandung, maka kami mendapat bonus bisa melihat pemandangan kiri-kanan kereta selama perjalanan yang wow, harus dibilang keren..

the views from Lodaya
interior gerbong eksekutif KA Lodaya yang kami naiki ternyata beragam, bisa di lihat di bawah ini ya teman2..

beragam interior gerbong eksekutif KA Lodaya
fasilitas nya, yah hampir sama dengan kereta eksekutif lainnya sih, entah karena perjalanan pagi atau gimana ya, kami ga dapat selimut..
padahal AC nya dahsyat dinginnya, jadi pastikan memakai jaket atau anykind of longsleeve, pilih celana panjang saja, juga gunakan penghangat leher as scarf, shawl, pashmina, or anything lah..

kostum yang sukses membuat saya menggigil kedinginan
atas : berangkat
bawah : pulang
sebab saya beneran kedinginan dengan kostum celana pendek saya, hehhe.. kebiasaan males ribet dengan celana panjang..
yang punya kebiasaan ga bisa nahan laper di kereta, jangan takut, KA Lodaya punya restorasi dan pramugari yang setiap saat keliling untuk menawarkan pemesanan makanan, tapi ya konsekuensi nya harganya unreasonable..
meeting point rute pulang
kami sih memilih membawa bekal makan saja buat perjalanan, ngirit jaya, plus romantis, cieeehhhh..
else, apalagi ya ?
oiya, dari pengalaman saya beli tiket last minutes, maka jangan pernah kuatir kehabisan tiket KA eksekutif dan bisnis, meskipun saat pesan jauh2 hari selalu dibilang habis, kenyataan di lapangan berkata lain..
1 jam sebelum kereta berangkat, loket selalu membuka pembelian tiket last minutes.. jadi jangan pernah kuatir kehabisan tiket KA ekekutif maupun bisnis ya teman2..
happy traveling, dudes
my htb
me
kedua foto di atas diambil sebelum kereta meninggalkan stasiun solo balapan