Senin, 31 Oktober 2011

Lain Ladang, Lain Belalang...

== bandar lampung ==


== semarang ==

meninggalkan tanah dimana saya lahir, tumbuh, besar, dan menuntut ilmu untuk kemudian tinggal dan (mungkin) menetap di tanah baru, bukan hal yang mudah untuk saya lakukan..
saya yg sejak lahir hingga 27 tahun kemudian terbiasa hidup di kota Semarang tercinta, tiba2 harus mau tak mau, suka tak suka, meninggalkan kota pesisir utara pulau jawa ini untuk hijrah ke kota pesisir mulut dan gerbang pulau Sumatera, Bandar Lampung..


sedihhh ? jangan tanya, karena jawabannya sudah pasti IYAAAA !
tapi mau bagaimana lg ya, Pemerintah Provinsi Lampung dengan senang hati menerima saya menjadi bagian dari hirukpikuk pemerintahannya, sedangkan kota kelahiran saya, rupanya belum mau mengkaryakan saya...
yasudahhh... n here i am..

meski masih satu negara, Bandar Lampung dan Semarang memberikan perbedaan yang cukup signifikan.. dan mampu memberikan culture shock yang cukup mengagetkan bagi saya...

here some:

  •             meskipun hampir 60% etnis jawa ada di Lampung ini, dan di manapun dengan gampang qt bisa temukan orang bercakap bahasa jawa, tp sungguh, itu hanya untuk bahasa, saya kurang menemukan tindaktanduk jawi yg saya biasa temui di Jawa... Orang Lampung, seperti halnya orang Sumatera kebanyakan, berwatak keras, dan to the point minded, no more basabasi seperti halnya kebanyakan orang jawa.. Once they dont get respect to you, they told you dirrectly... tp tetep sportif koq.. hhahhahaa... Ini ada bagus dan enggaknya, saya yang terbiasa dengan ewuh pekewuh yang terkadang menyiksa itu, disini dengan bebas bisa menanggalkannya.. hhehhee... Ketiban ngga enaknya pas kalo ternyata basabasi itu seharusnya diperlukan, ternyata no one wanna do that.. semprullll...



  •            then, about something edible... apa masakan aseli Lampung sendiri, honesty saya belum tau dan belum pernah nyoba... 3 most avail food here are, Nasi Padang (tetep beda ma warung padang yg di Semarang), Pempek Palembang (nah, yang ini tetep lebih enak yg di Lampung..hehehe), dan Pecel Lele Lamongan (lengkap dengan sambel terasinya).. hayo mana yang aseli Lampung? nope yakk.. hehehe.. selain itu masi ada beberapa yg sama tapi beda.. loh? yap.. ini ni:



1.      Nasi Uduk

== salah satu warung nasi uduk di tembalang, semarang ==

·         di Semarang, seporsi nasi uduk biasanya terdiri dari : nasi, ayam/telor, mi goreng, kering tempe, kuah semur, kerupuk, plus sambel, dan kebanyakan ditemui pagi hari buat sarapan..
·         di Lampung, seporsi nasi uduk biasanya terdiri dari: nasi, telor, tempe goreng, lalu disiram (beneran disiram) sambel, nah anehnya, justeru disini Nasi Uduk yang terkenal2 buka malem hari, meski pagi hari juga ada sii..

mana yang menurut saya better, tentu saja yang di Semarang


2.     Ketoprak



== ketoprak ==


·         di Semarang, saya mengenal ketoprak kok dijual pagi hari yaaa...
·         di Lampung, ketoprak lebih semarak dan lazim ditemui pada malam hari..

but, both are edible kok...


3.      Soto Ayam


== soto ayam bang ari di pamularsih, semarang ==

·         di Semarang, soto itu gada tandingannya.. mw soto dimanapunnn tetep enak menurut saya..
·         di Lampung, soto nya bener2 a big NO to me... aneh... beneran.. encer dan bening, rasa juga ga jelas...

Kangen soto Bang Ari, deket SMA Ksatrian Pamularsih..
Juga Soto Mas Gendut, pinggir lapangan, deket rumah budhe di Lesanpuro..


  •              Selanjutnya mengenai Etos Kerja dan Minat Pendidikan... Entah ini analisa bodoh saya, atau memang iya yak (banyak yg bilang juga) orang2 disini kurang memiliki semangat kerja.. tidak seperti penduduk kota2 besar di Jawa yang memiliki dedikasi tinggi dalm pekerjaan, sorry to say disini kurang terlihat loh yg seperti itu... mungkin karna jenjang karier yang kurang tersedia dengan gemilang kali yak.. ato SDM yg kurang memadahi... gataw lah.... yg penting saya berusaha istiqomah dalam pekerjaan saya aja kali yakkk.. hehehehe..

Yap... sementara begini reportase saya..
ya kalo ada pepatah Lain Ladang Lain Belalang, emang begitulah adanya yaa...
Bhineka Tunggal Ika memang semboyan terdalam...

Hehehe..
sekali lagi ini menurut saya loh yaaaa...
dont get into deep yak..
xoxo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar