Jumat, 04 November 2011

Inspeksi Mendadak Orang Tua

wuiihh berat nii judulnya...
ya hiperbolis dikit boleh lah yaa...

well, sebenernya mendadak buanget sih engga, cuman baru tau orang tua mau dateng nengok, tepat 5 jam sebelum waktu keberangkatan meraka, itu namanya mendadak ga ya ??
jadi cuma bisa bengong aja pas tb2 ibu nelpon bilang "nduk, nanti sore bapak karo ibu berangkat ke lampung".. thanks Alloh, Semarang-Lampung itu jauh, jadi masi bisa prepare dan beberes.. hhhhehhee..

sejujurnya, ini memang pengalaman pertama saya mengalami diinspeksi a.k.a ditengok orangtua. Sejak kecil saya memang ga pernah yg namanya tinggal lain kota sama orangtua. (eh, pernah ding, jaman kuliah di Jepara 1 Semester, itupun setiap senin-kamis doank... hhehhe). tinggal pisah dari ortu pernah, tp pisah kota sih boleh dibilang engga pernah.
tapi kenyataan berkata lain saat saya mulai pindah warga negara lampung karena pekerjaan, tepatnya sejak akhir Februari 2011, saya mulai disapih, tinggal jauh benerr dari orangtua.

posisi saya sebagai anak tunggal memang kadang menimbulkan pertanyaan "kok bisa,  kok ya mentolo wong tuamu ngeculke kowe nduk ?".. roaming yaaak.. translatenya begini, kok bisa ya orangtuamu ngelepas kamu hidup jauh.. disinalah saya merasa beruntung menjadi anak tunggal yang tidak pernah merasa ditunggalkan sejak kecil. didikan orangtua saya memang mewajibkan saya untuk benar2 mandiri sejak kecil. jadi buat jauh dari orangtua cepat atau lambat tidak akan menjadi masalah yg berarti buat saya.. dan Alhamdulillah ya, its work on me..

jadilah, saya seorang perantau.
awal2 di perantauan, hampir setiap jam saya ditelpon ortu, just to say "lagi apa nduk?" dan percakapan2 singkat yg lain. belakangan setelah saya protes, maka frekuansi peneroran itu berkurang. belakangan juga baru saya tau, ternyata Bapak, ( ya Bapak memang yang selalu meneror saya setiap jam, Ibuk tidak selalu) tidak bisa menahan rasa kangen nya pada anak gadis semata wayangnya ini. hehhe.. saya memang lebih dekat sama Bapak dibanding sama Ibuk, sering berantem soalnya.. hhahha

So, setelah saya protes, kapan mau nengok saya, jadilah mereka datang di kota saya. Minggu 30 November 2011 sampai dengan Rabu, 2 November 2011 (10 hari an lah). itupun yang murni nungguin saya cuma 5hari, 5 hari yg lain, hmmmmm... mereka uda kayak lebaran, ke rumas sodara2 di pelosok lampung sana.. "nyambung silaturahim, itu penting loh nduk" Bapak saya bilang.. dan memang sebenernya harus diakui, kadang saya malu, Bapak/Ibu saya yg baru dateng ke Lampung dan sangat singkat saja nyempet2in keliling ke rumah sodara2 yg dulu macam hal yg cm bisa dibayangin saja, ya, sodara saya sebenernya banyak di Lampung.. kenapa saya malu, ya itu td, Bapak/Ibu aja bisa, nah saya yg tinggal di Lampung, malah sulit memesukkan agenda Silaturahim dalam organizer saya... Pfffieww...

Back to inspeksi, selama Bapak/Ibu di Lampung, 10 hari, saya sebenernya sangat ingin mebawa mereka kemanapun mereka ingin, tp mengingat waktu kerja dan -uhukkkk- tanggal tua, huhuhuhu, jd ga bisa mewujudkan impian.. tp saya yakin mereka mengerti kok.. bahkan biaya hidup 10 hari saya ditanggumg mereka... hhahha.. (T.T)-tertawa dalam tangis..

Dan selama Bapak/Ibu berada di tengah saya selama inspeksi itu, saya kok ga merasakan sesuatu yang istimewa yahhh... dalam arti kata, saya kok nggak merasa sedang ditengok ya.. ya habisnya, semuaa berjalan seperti biasa, sama seperti saat di rumah.. rutinitas n so on.. ibuk, ya bener2 menjadi seorang ibuk, bukan seorang tamu.. nyiapin sarapan, nyiapin kopi, masakin saya, dsb.. hhhahhaa... tidak ada yg istimewa.. bahkan hingga persiapan mereka mau pulang, saya mesenin travel, mengantar mereka k mobil, melepas mereka pulang ke Semarang, pada Rabu pagi itu, semua beneran biasa, kayak mereka mau pergi bentar aja.. Benerrr... Bahkan, saat saya salim ke Ibuk dan Ibuk nyiumin saya sama pesen "ati2 ya nduk.." plus berurai air mata, ditambah Bapak yg juga punya ritual baru sejak saya merantau, nyium dahi dan ubun2, ma ngusep plus ngacak rambut saya (dulu mana pernahhhh..), saya sungguh masih lempeng..

Nah, hal yang berbeda terjadi saat saya tiba di kantor, sesaat setelah Bapak/Ibu berangkat..

Nyessss, nelongso...
berasa, nanti pas saya pulang kost, sudah ga ada Bapak/Ibu lagi kayak beberapa hari belakangan...
berasa, besok pagi ga dibikini kopi Ibuk lagi seperti beberapa hari belakangan...
berasa, komunikasi ga akan secepat beberapa hari belakangan...
berasa, tidak ada kontak fisik langsung seprti beberapa hari belakangan...
dan berasa2 lain yang saya rasakan beberapa hari kebelakang ini...

Langsung, menyesallllll.... kenapa saya kok bebal bangettt...
dan pengen minta Bapak/Ibu nungguin saya saja tiap hari di sini...
jangan jauh dari saya... jangan hilang dari pandangan saya.. dan jangan2 yg lain...

Saat itu, saya lalu berfikir saya terlalu egoissss!!
saya bahkan terlalu sibuk dengan urusan saya sendiri selama mereka di sini!!
sungguh bukan seharusnya anak yg mereka bangga2kan!!

Nothing i can do, kecuali saat itu cepet2 telpon mereka dan memantau terus perjalanan mereka hingga memastikan mereka selamat sampai di rumah..
Alhamdulillah, Kamis pagi nya mereka sudah sampai rumah dngan selamat..
dan dalam hati saya berjanji, pada pertemuan fisik selanjutnya dengan mereka, saya akan memanfaatkan dengan sungguh setiap momen bersama mereka, Bapak/Ibu yg menyebalkan tp sugguh sangat besar cintanya kepada sayaa..

Suwun, Pak,Buk...
Suwun, sudah mau menengok aku
Suwun, sudah mau mengerti aku
Suwun, sudah mau melakukan apapun untuk aku
Suwun, untuk pengertian dan cinta yang luar biasa untuk aku
Suwun, untuk semua penerimaan atas ketidaknyamanan yg terjadi
Suwun, untuk bisa masuk dan menjadi pertemuan dan kesan pertama yg indah untuk teman2ku..

dan teman2 saya pun begitu menyukai dan mencintai Bapak/Ibu saya..
maka, saya harusnya lebih kan??
i will, i promise..
== When in my Boardinghouse ==

== saya dan Bapak ==

== saya dan Ibuk ==


jadi???
boleh kan kalo saya bilang:
Pak, Buk, kapan tilik aku meneh?
(Pak, Buk, kapan inspeksi saya lagi?)
hhehhhee

Ps: Alloh, please take care of them, my more than a half life..

xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar