Kamis, 15 Desember 2011

Menuju Sai Bumi Ruwa Jurai : an odyssey (Part 3)

nah, setelah pulang dari Buleleng, ceritanya ada di sini ya.. dan sudah lega karena sudah diterima berkas administrasi menjadi CPNS Kabupaten Buleleng, saya kembali ke Semarang dan tinggal menunggu panggilan tes narkoba dari BKD Buleleng, selanjutnya saya menikmati hari-hari saya mengajar lagi di Semarang seperti biasanya..
sebenernya saat itu saya juga sedang harap-harap cemas menunggu pengumuman hasil tes CPNS Pemprov Lampung, soalnya ramai2 diberitahukan pengumuman akan dikeluarkan pada minggu ke 3 bulan Desember..
meskipun saya tau kans nya sungguh tipis untuk saya lolos, bayangkan 1:50 hampir, belum lagi saya kan bukan putri daerah.. yang terakhir ini bisa saya kesampingkan mengingat pengalaman saya diterima di Buleleng Bali yang ternyata tidak menerapkan sistem utamakan putra daerah.. tapi kembali mengingat susahnya soal tes dan tidak semua bisa saya kerjakan, hmmmh saya kembali hopeless..
yang lebih membuat bimbang lagi saat itu adalah, relationship saya sama my htb..

soalnya saat saya keterima di Buleleng, ketakutan muncul, gimana ya nanti kalo ternyata my htb keterima di lampung tapi saya nggak keterima, huuhhh bakal repot, terpisahkan oleh Pulau kelahiran kami..

== hampir memakai logo ini di seragam ==
hingga pada suatu sore tanggal 23 Desember 2010, saat saya ol Facebook, ada 1 notification, ya, saya ingat betul hanya satu notification, ternyata dari om dedi yang menulis di dinding saya..
seperti sudah siap mental saja, saya yakin itu tentang pengumuman tes pemprov Lampung..
dan... benar ternyata, begini tulisan yang om dedi tulis:
"selamat, elu diterima CPNS Provinsi Lampung di urutan 6"

wuihhhhhsss.. senenng.. seneng bangett...
eits. tapi langsung tersadar, how bout my htb yaaa??
langsung nelpon om dedi, dan ternyata sedih... my htb ga keterima.. doohhhhhhh..
dalam bersyukur saya terselip sesal, kenapa saat saya diterima di 2 tempat yang berbeda, satupun tempat belum bisa menerima my htb..
dan om dedi juga bilang tanggal 27 s.d 29 saya harus ke Lampung untuk pemberkasan..
ga ngerti musti gimana saat itu, saya tau my htb sedih luar biasa, di satu sisi saya harus gembira sekaligus sedih..
terlebih orangtua saya, bahagia luarrrrrrrrrrrrrrrrr biasa..
ini adalah sedikit momen2 kebahagiaan yang bisa saya beri ke orangtua saya..
terus, apa kabar Buleleng ya akhirnya??
dengan berbagai pertimbangan, saya dan orangtua, juga my htb, memutuskan bahwa saya mengambil Pemprov Lampung, dan mengundurkan diri dari Pemkab Buleleng..
untung tidak ada penalti denda pengunduran diri.. terimakasih ya Alloh..

== matur suksma, buleleng ==

dengan mengirim surat pengunduran diri ke BKD Bulelelng, maka saya resmi mengndurkan diri menjadi CPNS Kabupaten Buleleng..
lalu, saya harus berangkat ke Lampung sebelum tanggal 29 plus menyiapkan segala tetek-bengek persyaratan dan surat-surat yang diminta oleh BKD Pemprov Lampung ssegera mungkin..
dan pada saat berangkat itu juga, entah kenapa hubungan saya dan my ht'b berasa hambar dan aneh, saya susah sekali nemu dya senyum buat saya saat itu.. belakangan saya tau, kami terlalu larut dalam euforia masing-masing.. dan kurang mendukung satu sama lain.. saya dalam euforia kebahagiaan, dan my htb dalam kekecewaan.. Alhamdulillah semua sudah terlewati...
well, jadi setelah mengurus ini dan itu, saya berangkat ke Lampung lagi untuk pemberkasan..
tanggal 27 malam dengan kereta (lagi-lagi) Senja Kediri, saya berangkat jam 10 malam dari stasiun tawang, kali ini saya berangkat sendiri tanpa my htb, dia hanya mengantar saya sampai stasiun..
seperti biasa, begitu duduk di kereta saya langsung molor, tidurrr..
oiya, saya sempat mengalami pelecehan seksual di kereta ini, untung saya bisa bales dengan kekerasan kata-kata dan kekerasan fisik.. enong dilawan !! hahha.. lain kali saya ceritakan detail nya yaaa..
hari selasa 28 Desember jam 9 pagi saya nyampe Stasiun Pasar Senen dan langsung move on pakai bajaj menuju Stasiun Gambir untuk mengejar DBL yang jam 10 pagi.. yupp i,ve got the DBL, i choosed the bussines one..
sampai BL sekitar jam 7 malam, hmmm... masih takjub... masih belum percaya saya diterima..
om dedi picked me up at STK, dan kita langsung menuju rumah om dedi..
di sana saya ditunjukin koran dimana nama saya memang benar2 tercantum sebagai peserta yang diterima.. Oh My... thanks Alloh.. meskipun di urutan 6 (n it means im the "bontot's one.. gpp)..
Rabu pagi jam 7, saya diantar om dedi berangkat ke kantor BKD Pemprov Lampung, di daerah Teluk Betung..sampai sana masi sepi.. pegawainya juga masih pada apel.. baru sekitar jam setengah 9 saya dilayani..

== nomor 6 ==

seingat saya, saya harus buat surat lamaran dan pernyataan tentang CPNS bermaterai, yang sudah saya buat sebelumnya juga sebenernya, dan ternyata itu salah, dan saya harus mengulang..
pas lagi bingung itu saya duduk, ngobrol dengan peserta lain, dan suddenly comes to me, seorang laki2 dengan kemeja warna merah, celana hitam, dan berkacamata, berwajah bingung juga seperti saya, yang tiba2 nanya:
"dari perikanan/kelautan juga yaa?"
"ohh, iya.. mas nya juga ?" jawab saya
lalu kami kenalan
"saya enong, mas siapa namanya? dari mana (almamaternya)?" tanya saya
"oh saya Aldi, dari IPB, mbak dari mana?" jawab dan tanyanya lagi
"owwwhhh, mas yang nomor 5 ya, Efrinaldi kan? saya dari UNDIP mas" jawab saya..
terjadilah blabbering ke sana kemari hingga kami kemudian ke suatu fotocopy an terdekat untuk menulis lamaran dan beli materai..
yap... later, laki-laki yang saya ceritakan di atas itu, kemudian hingga sekarang adalah orang yang hampir selalu saya sebut dalam setiap postingan saya, siapa lagi kalo bukan Danang... jauh yaaaa nyambungnya.. yap karena dikemudian hari saya menanggalkan panggilan kebesaran saya buatnya "mas" berganti "uda" refers to belio adalah lelaki bersuku minang.. lalu menjadi "Danang" ngikut cara manggil ponakannya ke dya, dan ternyata saya akhirnya lebih sering manggil dya "NYETTTT" hahha.. muna banget rasanya mau manggil belio ini dengan Mas.. wuekkkss... hahhhaaa... (love you Nyettt.. )..

== my beloved buddy, mas aldi ==
wuekkkksss

sudah..sudah.. cukup.. mari lanjuttt..
obrolan berlanjut terus dan termasuk bertukar nomor HP (dya duluan yang minta nomor saya) hingga kami sampai ke meja panitia dan kami diminta untuk menunjukkan kelengkapan berkas..
pas giliran saya, petugas nanya, "ijazah asli sama transkripnya mana dek?"
hah, saya kaget, bukannya yang diminta cuma menunjukkan ijazah asli saja? kenapa transkrip juga diminta?
kontan lah saya bingung, saya kan cuma bawa ijazah, transkrip di Semarang, gimana ini? pikir saya saat itu..


pas saya bilang ketinggalan di rumah, dengan gampang (tentunya) panitia nyuruh saya ambil dulu.. pas saya jelasinn ketinggalan di rumah nya di Semarang, baru pada diemmm..
yap, akhirnya saya minta my htb, Bapak-Ibu (dengan mendapat bonus omelan Panjang x Lebar) utuk mengirim transkrip saya hari itu juga ga mau tau gimana caranya, yang penting harus sampai di saya besoknya...
Alhamdulillah, ternyata bisa.. meskipun besoknya baru nyampe jam 4, dimana BKD sudah tutup.. bagussss...
utung masih ada 2 orang panitia yang bersedia saya kasih tunjuk transkrip nilai asli saya yang sudah lecek kebnyakan di fotocopy.. hurraaaaiiiii.. legaaa..
next, saya tentu saja ready to back n going home..
itu sudah tanggal 30 berarti ya..
dan ternyata jalan saya pulang tidak mudahhhh..
om dedi ternyata menahan kepulangan saya, karena saya mau diajak ke rumah mbah (ortu om dedi) di Gunung Sugih...
ohhh, please saya ga mau, bukan apa2... murid2 saya butuh saya di Semarang.. juga rasa kangen luar biasa buat my htb... plus ogah melewatkan malam taun baruuu denganmy htb..
dengan kekeuh saya ngotot pulang, saya tau om dedi sudah luar biasa baik sama saya, tp to take any longer di Lampung dengan meninggalkan tanggung jawab saya di Semarang, sungguh ya saya ga mau...
then, saya akhirnya menanng, dengan alasan saya harus mengurus pengunduran diri saya ke Bulelelng secepatnya, maka om dedi mengijinkan saya pulang.. huraaaiii..
tanggal 31 Desember 2011, yak malam taun baru, saya lewatkan di kapal ferry Bakauheni-Merak dengan tidurr..
Sabtu pagi tanggal 1 Januari sekitar jam 5 pagi saya sudah tiba di Gambir, dan langsung mBajaj ke Stasiun Senen beli tiket ke Semarang..
dengan alasan capekkkkk luar biasa, saya minta ijin Bapak by telpon saya mau naik kereta bisnis Fajar Utama, yang dengan berat hati tentunya di iyakan Bapak.. sebodo.. yang penting cepet nyampe Semarang..
kereta berangkat sekitar jam 10 pagi, dan saya langsung tidurrrrrrrrr sepanjang jalannnn.. hingga tau-tau sudah nyampe Semarang sajaaah.. parah yaaa..
dijemput my htb kayaknya waktu itu..
sayang, saat itu my htb masih memasang muka tanpa senyumnya buat saya..
padahal saat itu rasanya udah pengennnnn banget dipeluk dan menikmati senyum terindahnya buat saya..
hheww...

 

== sempat kehilangan senyum terhangat itu ==

dan well, guys.. sepertinya harus berlanjut ke part 4 nihh cerita saya..
hope you'll stay to read my next post, i swear you, soon..

dan di selanjutnya saya akan cerita tentang menantikan saat2 dipanggil mulai mengabdi untuk Lampung nihh..


xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar