Senin, 06 Februari 2012

(Bukan) OB

dalam postingan ini saya sama sekali tidak punya maksud 'mengecilkan' profesi Office Boy
atau yang biasa disebut OB..
saya juga baru tau bahwa di kantor pemerintahan ternyata juga ada yang namanya OB, termasuk di kantor saya, meskipun di kantor mereka tak pernah kami panggil dengan OB, melainkan Pesuruh.. tapi sungguh saya tak mau 'mengecilkan' profesi dan pekerjaan mereka.. sebab peran mereka dalam hiruk-pikuk dan lalu-lalang serta kelangsungan daily office amat sangat besar..
mereka bukan diminta untuk membuatkan kopi,mie, etc..
tapi mereka adalah partner terbaik dalam mobilisasi surat, fotocopy, isi galon, dan pada sore hari, mereka adalah pasukan siaga pembersih ruangan..
Kalau berbicara waktu kerja, sepertinya ketidak adaan OB bisa jadi akan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Terutama hal-hal yang memerlukan waktu lumayan lama, seperti urusan fotocopy dokumen



what i wanna share here is how's rule of the OB di kantor saya.. hohoo.. saya memosting ini karena saya sendiri sudah cukup jengah dengan beberapa OB di kantor saya ya..
ga semua sihh, hanya beberapa..
well pada intinya, di kantor saya seperti yang saya sebutkan di atas, memang terdapat lebih dari 1 OB yang sayangnya tugasnya telah terkotak2an oleh para OB sendiri..
mereka sebenernya sudah masuk sebagai pegawai honorer PEMDA seperti halnya honorer yang lain, hak mereka pun hampir sama dengan PNS..
tapi privilege ini semacam di belokkan dan dimanfaatkan oleh beberapa.. saya sendiri awalnya bukan termasuk orang yang memilih untuk berteman, bahkan dengan OB di kantor pun saya bersemangat untuk berteman secara akrab.. siapa saya ya kok harus milih2 temen kan.. tapi sekali lagi itu pada awalnya..
awlanya saya dibuat jengkel oleh salah satu OB lama, sebelum datang 2 OB yang baru memang ada 2 OB lama.. entah kenapa dya seperti membuat gelegat permusuhan dengan saya..
bayangkan ya, saat saya sapa dya, saya ajak ngomong dya, melihat saya dya pun tidak.. hey, saya ngomong samakamu loh, batin saya.. saat itu saya pikir apa ini orang emang tipikal ikhwan yang pantang bertatap mata dengan yang bukan mukhrim ya.. etapi bahkan dya non muslim.. saya pernah tanya langsung secara pribadi lewat pesan inbox akun FB nya, dya bilang "ga kok mba, saya gpp !", tapi ternyata setelah itu bukan membaik malah menjadi2.. setiap saya minta tolong, selalu saja ada alasannya.. padahal kalo dya baik2 pastilah saya juga akan baik balik ke dya, sumpah kami, termasuk saya selalu butuh bantuannya.. dan ternyata hal semacam ini bukan hanya saya yang merasakan, hampir semua diperlakukannya begitu.. sekali dua kali saya masih berminat menyapa dya, selanjutnya mualessssss...
lalu muncul lah 2 OB baru, dan kembali salah satunya juga anehhh !!! 11-12 lah dengan seniornya.. dibaikkin ngelunjak dan nyepelein...
bahkan akan melawan secara frontal ! tskk...
in my opinion, mereka terkesan milih2 dalam memberikan bantuan... ketika bos2 tertentu yang menyuruh, wuahhh semangat 45 merekaa.. keika staff yang meminta bantuan, ngelessss kaya bajaj..
sebenernya, buat apa sih harus milih2 dalam membantu... apa karena uang tips? secara kalo yang menyuruh seorang bos, maka tips nya akan luarrrr biasa...
kalo memang gara2 itu, buat apa mereka menjadi OB, jadilah asisten pejabat saja...
sepertinya OB Sayuti dalam serial OB yang pernah tayang di RCTI adalah seorang OB  impian ya.. kerja tulus ikhlas tanpa pandang siapa yang minta bantuan..
The Best OB, Ever !
bukannya apapun pekerjaan kita, ketulusan dan keihklasan bekerja should come first yaaa..
everythings follow on it kan bonus..
padahal ketika mereka bersikap baik pada kami, kami juga ga akan segan untuk balik berlipat2 baik sama mereka..
bener loh, kantor sebenernya akan timpang tanpa mereka.. jadi kerjasama yang baik mutlak diperlukan..
kalo dari setingkat OB saja sudah money oriented, bagaimana di atasnya ya ??
etapi beneran loh, untuk OB yang buaiiiikk hati, buat saya pantang menyebut mereka OB atau PESURUH..
saya bahkan selalu memposisikan diri saya sama dengan mereka.. dan selalu dalam setiap ada kesempatan hangout dengan buddies saya, mas2 yang baik hati pasti akan kami list terdahulu...
karokean, jajan di tempat mahal sampe di emperan, ngrumpi delosoran di lapangan pas sore2, taun baruan bareng, karokean di kantor bareng, komen2 gaje di FB, makan siang bareng, bahkan pernah sepiring bareng.. hehehe..
jadi, be nice yaaa, it's tottaly a better choice, dude..
be Sayuti, n we'll love you !

xoxo
Enong WJ

1 komentar:

  1. Emang bajay ngeles ya??

    "OB" yang satunya kadang juga ada yang jeng-kelin kok (baca "Office Boss")

    BalasHapus