Sabtu, 19 Mei 2012

Fillet Ayam Seledri, Jamur Krispi Seledri, dan Perkedel Tahu Seledri: Seledri Mood On

On Monday, i went to Chandra Supermarket...
Nah pas nyampe di bagian sayur2an, saya tertarik buat beli daun bawang yang diiket jadi satu dengan seledri, call them a perfect match.. bingung juga mau diapain nanti si duo ini, ah tapi toh untuk buat sop pun bisa kan... nah ndilalah, selasa siang, saya beli semacam cheese stick di mba jajan yang jualan di kantor, which is dalam stick yang renyah itu ada semacam slice seledri yang kalo digigit, rasanya jadi sexy di lidah.. hahha lebay ya.. etapi beneran, saya jadi dapat ide buat match si seledri ini ke gorengan yang krispi dan gurih, akhirnya..

Pulang kantor hari itu juga, saya buka kulkas, bingung juga apa yang mau digoreng pake seledri ya yang ada dalam kulkas saya..yang ada di sana cuma tempe, jamur, tahu dan fillet ayam. I know for sure bahwa tempe yang digoreng pakai tepung, kita biasa sebut MENDOAN, yang dicampur potongan seledri akan meninggalkan rasa pahit dan sepet kalo dimakan, sebab saya udah pernah nyoba juga.. kalo mendoan mah jodohya ya si daun bawang malah.. lalu, pilihan tinggal jamur dan fillet ayam dong ya... bismillah saja lah ya saya coba.. first trial yang jamur dulu.. setelah jadi, saya dan my htb sepakat, perpaduan jamur dan seledri juga tepung nya, hmmm...sexy, crunchy, dan yummy..
Lalu hal yang sama saya coba ke fillet ayam, lagi-lagi kami sepakat, ini enyakkkk..
setelah dipikir2, apa yang bikin enak ya ? seledri, jamur/fillet ayam/tahu, tepung, bumbu, ato memang yang bikin yang ahli? hahhahhaa.. kidding... saya tau siapa saya dalam jagad permasakan kok... asl my htb bilang lekker, maka saya sudah puas.. oiya buat yang mau nyoba, ini nih resep nya...
#1. Jamur Krispi Seledri
Bahan
250 gram Jamur Tiram
100 dan 50 gram tepung, dipisah
10 batang daun seledri, ambil daunnya, cincang super halus
Merica Bubuk
Ketumbar Bubuk
Garam
Minyak Goreng
Air Es / Air Dingin
Cara Memasak
larutkan 50 gram tepung dengan air es / air dingin, jangan terlalu encer
tambahkan sledri cincang, garam, merica, dan ketumbar
celupkan jamur satu persatu, tiriskan
masukkan kembali jamur ke dalam 100 gram tepung yang kering
pastikan tersalut semua ya permukaan jamur dengan tepung kering
goreng dalam minyak penuh dan panas
angkat. tiriskan
sajikan panas
this is it : Jamur Krispi Seledri :9
#2. Fillet Ayam Goreng Seledri
Bahan
500 gram fillet dada ayam, potong memanjang
100 & 50 gram tepung
15 batang seledri, ambil daunnya, cincang super halus
Garam, Merica, Ketumbar Bubuk
Air Es / Air Dingi
Minyak Goreng
Cara Memasak
larutkan 50 gram tepung dengan air es
bumbui dengan garam, merica, dan ketumbar
masukkan seledri cincang, aduk rata
bumbui fillet yang sudah dipotong2, dengan garam dkk
celupkan dalam larutan tepung
tiriskan, diamkan sebentar hingga tidak menetes lagi
gulingkan dalam tepung kering
goreng dalam minyak yang banyak dan panas
masak hingga keemasan, angkat, tiriskan
hidangkan selagi panas
Ini nih : Fillet Ayam Goreng Seledri :9
#3. Perkedel Tahu Seledri
Bahan
5 buah Tahu Putih, hancurkan
Merica, Garam, Ketumbar
5 batang Seledri, ambil daunnya, cincang halus
1 buah Telur, kocok lepas
Minyak Goreng
Cara Memasak
Campur jadi satu seluruh bahan, aduk rata
Panaskan minyak
Sendok adonan satu persatu, masukkan dalam minyak panas
goreng hingga kecokelatan
angakat, tiriskan
sajikan panas
ini : Perkedel Tahu Seledri
sayangnya my htb kurang begitu suka tahu dan olahannya :'(
Na h, demikianlah cerita saya tentang seledri..
nanti kalo saya dapat olahan lain untuk seledri, i promise to share you, soon..
happy cooking, anyone
xoxo
Enong WJ
@enongwj
cucuk-lampah.blogspot.com

2 komentar: