Sabtu, 19 Mei 2012

Pantai Mutun - (BBPBL Lampung) - Pulau Tangkil : Holiday Savior

Part #1

Perjalanan Melewati
BBPBL

Hey... masih pengen bercerita nih, mumpung masi in the good mood..
well, setelah rencana liburan ke Palembang batal, maka saya sudah bersiap untuk cengok saat long weekend ini, mengingat my htb bakal tetep masuk kerja, alias ga ikut Cutiber.. etapi tepat sehari sebelum Cutiber belio ini baru dapat kabar, bahwa ternyata kantor beliofinally ikut cutiber, meskipun cuma hari Jumat, dan Sabtu tetap masuk..
Jalan Menikung dan Menanjak Sepanjang Lempasing-Padang Cermin

Nah, secara ga mungkin juga melanjutkan acara touring de Palembang bersama The Buddies, maka tinggal lah saya dan my htb arrange a short trip buat ngisi liburan 2 hari.. Kamis 17/5 sepakat kami habiskan untuk bebenah kamar kos masing2, plus hunting tukang jahit baju buat bikin seragam batik pameran saya, well, masalah penjahit di Bandar Lampung bukan masalah sepele teman2.. secara saya belom dapet yang cucok, dan masih menyisakan trauma di mana2 buat saya.. huhh.. dan Jumat 18/5 kami rencanakan untuk berlibur all day long ! kemana? ga jauh2... masih di sekitaran Bandar Lampung saja, cuma geser dikit, ke Pesawaran, tepatnya ke Pantai Mutun.. semaleman kami searching how to go there, hingga akhirnya diputuskan, kami akan mengawali perjalanan sekitar jam 10an..
Jumat pagi, saya bangun, dan nyempetin bikin sarapan.. lagi asik masak, suddenly my htb nyamper k dapur dan bilang, "hun, masakannya gausah buat sarapan, kita bawa aja jadi bekal, kita brunch di pantai nanti", oh well boleh juga.. yaayy bener2 piknik.. dan buat sarapan, my htb cuma minta dibikinin tempe mendoan dan omelete saja.. kelar masak dan saya tata di tempat makan, saya mandi, dan kami berangkat, oiaya sempat mampir ke Indomaret buat beli cemilan dan minum2an..
capcusss, kita berangkat...
Bekal Piknik
Nasi//Sambel Goreng Ati Ampla
Ayam Goreng//Tempe Mendoan
Omelete Mie
Karena kami sudah pernah nyampe lempasing sana, dan sesuai petunjk yang kami baca di tulisan yang mengulas Pantai Mutun, maka kami tidak mengalami kesulitan menentukan jalan yang akan kami tempuh..
dari kosan kami di Teluk Betung, kami mengambil jalan ke arah Lempasing, lewat daerah Kota Karang, hingga bertemu pertigaan di dekat Puri Gading, kami ambil jalan ke kiri dan lurusss terusss mengikuti jalan.. sepanjang jalan kami banyak menemui tempat2 wisata pantai milik pribadi, bahkan kami melewati BENSOR Beach and Resort, milik Abu Rizal Bakrie yang memang terlihat mewah. Sebenernya hal ini tidak mengherankan, mengingat di sepanjang jalan itu memang jalan pesisir Teluk Lampung (CMIIW yaaa).
Pertigaan Puri Gading
Ambil Kiri Arah Lempasing
Kalo ke Kanan ke Batu Putu
Pangkalan TNI AL, Lempasing
BENSOR Pak Ical
Setelah melewati TPI Lempasing, masih lurus lagi.. entah karena kePDan atau gimana kami mah cuek aja jalannnnn terusss menkmati kanan-kiri, pun ketika kami melewati Pangkalan TNI AL, kami masih lurus.. in my htb opinion based on his reference, Pantai Mutun itu setelah Pangkalan TNI AL, jadi ya kami nyante, hingga ketika kami melewati pertigaan di kiri jalan, dimana disitu ada petunjuk besar bertuliskan BBPBL KKP..
Petunjuk Arah BBPBL Lampung
Hmmm itu bukannya salah satu UPT KKP yag ada di Lampung ya? naluri anak Kelautan saya berbicara, maka saya merengek minta mampir dulu ke sana, ga jauh ini, di situ bertuliskan +/- 900m, ga nyampe sekilo kannn... my htb meluluskan perminaan saya, maka jadilah kami menyusuri jalan menuju BBPBL.. jalan menuju BBPBL jauh dari bagus sodara-sadara... rusak parah... sebelah kiri jalan, masih nampak vegetasi mangrove yang hampir 70% rusak..duhhh... tapi yang 30%nya masih terawat kok, dan ini pertama kalinya sejak saya tinggal di Lampung, saya bisa melihat vegetasi mangrove secara live.. hahha..dan ga lama, trlihat lah sudah gapura selamat datang di BBPBL itu, gapura ya sih bagus, terus di sebelah kanan juga ada komplek perumahan karyawan, dan sedikit maju ke depan sudah terpampang kantor BBPBL lengkap dengan tambak2 dan kolam2 pembenihannya.. tapi pas kita mau ambil foto2, tau2 muncul pak Satpam yang tidak membolehkan kami mengamil foto di sekitar BBPBL tanpa ijin.. hahhaha.. ya sudah sedapatnya saja, nah buat ngeles biar ga dimarahi itu satpam, kami nanya di mana Pantai Mutun? dan pak satpam menjawab sydah terlewat jauh di belakang sana.. yap, dan kami kebablasan sodara2.... maka, putar balik lah kami menuju yang dimaksud..
Kondisi Jalan Masuk BBPBL
Lebih Jelas Penampakan Jalan yang Mengerikan
welcoming gate of BBPBL Lampung
Take a Quick Picture
Mangrove nya rusak :'(
Rumah Dinas Karyawan BBPBL
Kawasan Kolam Budidaya BBPBL
Alhamdulilllah masih ada Mangrove yang bagus :)
Pertigaan Masuk Menuju Pantai Mutun
Agak lumayan jauh juga kelewatannya, pokoknya sampai ada pertigaan di sebuah turunantanjakan, di situ ternyata sudah ada papan petunjuk nya.. hewww... sudah? belum.. masuknya ternyata tak sedekat yang kami perkiraan, jauhhhh banget, sampai di peertigaan lagi, sebelum sempat kami bingung mau pilh jalan yang mana, eh ada ibu2 nyodorin tiket parkir, atau  retribusi, atau pungli, entahlah.. cuma seribu rupiah sihh, yahh setidaknya jadi petunjuk arah kami juga kannn? maka kami mengikuti petunjuk si ibu, dan kembali mengikuti jalan, aiihhh jalannya naik-turun menikung tajam, hingga sempat membuat kami ga yaki ini jalan yang bener menuju Pantai Mutun.. wkwkkwk... tetep ikuti jalan saja, daaaannnnn pffiiewww, sampailah kami pada pintu gerbang pantai Mutun... yeayyyyy... setelah bayar Rp 5K seorang, kami tancap gas masuk area pantai... dannnn wooowww... at least kami sampai pantai juga, dan well, keren lahhh.. setelah matiin motor, kami sandaran sebentar, menikmati sisa lelah pencarian.. 
Gate Retribusi Pantai Mutun
 Ceritanya lanjut di marih yaaa..

2 komentar:

  1. lha ada nemu rumah makan rame kok ga dimasuki?? rumah makan ika apa ya...

    hehe ga penting juga ding

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas anda yang mengulas undercover dan yang detail nya hunn

      Hapus